--------- --------

Apr 16, 2013

#anakDEKAVE: Tugas Redesain Logo

Ini kayaknya pertamakalinya ngepost tugas semenjak jadi anak DKV ISI 2012. Hohoho.
Tugas DKV yang akan aku post kali ini adalah tugas mata kuliah Tipografi I sewaktu semester 1.

1. Rumah Sambal
Before
After
Problem:
Rumah Sambal, seperti namanya, sudah pasti hidangan yang disediakan bernuansa pedas. Terdapat beberapa ketidaktepatan dalam perancangan papan nama tempat usaha ini. - Pemilihan warna font kurang tepat, seharusnya menggunakan warna yang bisa mencerminkan sesuatu yang pedas. - Warna background juga tidak mencerminkan usaha. -Typeface yang digunakan kurang tepat menurut saya.

Solusi:
Menggunakan warna merah tua, dan mengganti maskot yang digunakan menjadi gambar cabai yang sederhana.


 2. Hotel Cristalit

Before
After

Problem:
Berikut adalah sebuah papan nama dari hotel yang bernama Cristalit, ada beberapa kesalahan dalam perancangan huruf ataupun warna dalam papan nama ini.
- Typeface di atas menggunakan swashes secara berlebihan, baiknya swashes digunakan sebagai huruf awal saja. - Pemberian warna font dan background yang tidak tepat, karna warna terlalu kontras dan tampak kurang elegan.

Solusi:
- Warna background yang saya gunakan biru tua yang merupakan warna umum dari citra nama hotelnya, kristal. -Menggunakan typeface yang lebih mendukung, yaitu Trajan Pro agar hotel tersebut terlihat lebih berkelas.




3. Ummi
Before
After

Problem:
Busana muslim, sudah pasti mencerminkan kekhasan rohani islamiah, seperti corak-corak arabik dan juga warna-warna yang mempunyai kepribadian Islam.
- Pemilihan font yang terlalu maskulin, sedangkan ummi dalam bahasa Arab berarti 'Ibu'. - Pewarnaan yang tidak ada unsur-unsur islaminya, seharunya ada warna hijau, merupakan warna yang mendominasi di dalam Islam.



Solusi:
Mengganti typeface dan warna



Kayaknya yang dipost segini aja. Sisanya hilang entah kemana.


Nilai: C ;''''''''''''''')




Keterangan: Tugas tipografi pertama (maksudnya pertama yang dijadikan tugas portfolio, sebelumnya sih, masih banyak tugas gambar manualnya. kami ditugaskan untuk mengkritik 10 tipografi dari 10 logo sebuah perusahaan yang akan diredesain yang berada di lingkungan kampus dan sekitaran Jogja. Jadi, kita pilih kelompok sendiri, dan berkeliling untuk hunting logo-logo beruntung tersebut. Hahaha.
Hasil akhir berupa makalah yang covernya tiga garis plus jilidan lakban item full layout yang kece bener.

Kedepannya aku akan bikin bendel karya portfolio per semester. Jadi semua tugas portfolio atau tugas dalam bentuk makalah, aku print ukuran A5, untuk koleksi. Iya tau, gak ada kerjaan. Tapi senang aja. :))

10 comments:

You said......