--------- --------

Nov 16, 2013

Komunitas Titik Api dan Workshop Kamera Lubang Jarum


Baiklah, saya mau nyeritain salah satu komunitas yang saya ikuti, namanya Titik Api.
Titik Api adalah
komunitas fotografinya anak-anak DKV ISI Yogyakarta. Komunitasnya asik banget loh. Awalnya saya kira kakak-kakaknya kaku gitu serem-serem dan serius semua mukanya, tapi setelah ikut beberapa acara dan rapat, ternyata anak-anaknya suka ketawa-ketawa. Hehehehehe. Apaan.


Ketuanya namanya mas Nuga, orangnya sederhana dan nggak pengen banget keliatan kayak ketua huahaha. Gak galak juga tapi suka ngacangin orang gitu. Mana ngacanginnya lama banget. Hehehehe. Di foto ini dia yang pakai baju putih ke-empat dari kiri.
Ada juga kak Yosefine, dia cewek berkacamata pacarnya mas Nuga :3 . Mirip member JKT48. :p
Sisanya yang paling aku apal ya Habibi si cowok moe, mas Aji sang 'Daddy' studio diskom (paling kiri baju merah putih), mas Eko yang pernah salah menafsirkan barang bernama 'jumbo' (kedua dari kiri), mas Eli yang tinggi sekali (ketiga dari kiri dan pakai baju hijau), dan untuk angkatan 2012 ada Aurora, Winny, Gladys, Aristo, Alfa. Ohya ada juga mas Ea, senior yang pakai baju biru paling kiri.
selfie level: expert
Komunitas Titik Api bersama peserta workshop: Eggbal, Slamet, Mahdi, Bensa, Dony, Lilis, dan anak-anak 2013 yang belum tau namanya dan gak ikut kefoto hehe.



Jadi pada suatu ketika, komunitas ini mengadakan sebuah workshop Kamera Lubang Jarum.  Saya udah sering dengar istilah 'kamera lubang jarum', 'pin hole camera' . Tapi eh tapi di umur 19 ini saya nggak tau bentuknya kayak gimana dan kurang antusias juga untuk nyari di internet. Dengar-dengar sih 'itu loh kamera yang motretnya ga pake batere', 'ituloh kamera analog'. Banyak 'dengar-dengar' yang saya dengar, tapi kalau ingat kata paman saya "Lebih baik melihat satu kali daripada mendengar seribu kali." maka rasa ingin tahu saya malah menjadi-jadi. 

Awalnya sempat underestimate "Lah apa -apaan ini, sudah ada kamera digital yang simple kok malah nyari yang repot-repot, ada apa dengan orang-orang ini." 
Tapi setelah tahu apa itu kamera lubang jarum, saya jadi ketagihan motret-motret. Hehehehe. Pembicara sekaligus gurunya adalah mas Iwan dari Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI Yogyakarta. Kita mulai semuanya dari nol. Dari ngamplas kaleng kosong, nyiapin cairan buat cuci film, sampai ngecat kaleng juga. Semuanya bener-bener bikin dari awal.

1. Kita bikin 'body' kamera dari kaleng rokok kosong, kalengnya dibolongin pake paku.
2. Lalu kalengnya dicat hitam doff biar gak memantulkan cahaya surga :v, 
3. Selagi nunggu cat kering, kita bikin cairan pencuci pencetak. Terus disiapin kertas foto peka cahayanya.
4. Karena kaleng yang dicat belom kering-kering juga, kita potong kaleng softdrink dulu, digunting sekitar 4x4 cm trus diamplas sampai tipis, lalu dibolongin pakai jarum. Nantinya ini jadi 'lensa'.
5. 'Lensa' yang udah jadi ditempel ke 'body' yang udah kering dari cat. Ditempel pakek lakban. Jangan sampe gak pas. karena akan berakibat fatal. Hehehe.
6. Perjuangan belom selesai, kita baru selesai bikin kameranya. Belom motretnya. Pada tahap ini istirahat aja dulu bentaran biar gak cape (??)
7. Kalo udah gak cape, masukkan kertas foto peka cahayanya ke dalem kaleng 'body' tadi. Tapi hati-hati, masukinnya jangan sampai kertas itu kena cahaya, kalo bisa di dalem ruangan dan matiin lampu dulu :v. Istilahnya kamar gelap. Hehe.
8. Bawa kameranya jangan lupa lensanya ditutup dulu. Abis itu letakkan di tempat yang stabil sambil lensanya diarahin ke objek. Saya memanfaatkan si Eggbal sebagai objek untuk dijemur di bawah matahari. Heehhhrhrhr.

Nungguin kameranya, update instagram dulu. Hehehehehehehe.

9. Kira kira 5 menit dijemur, langsung tutup lensanya lagi, bawa ke ruangan gelap untuk dicuci.
10. Tau tau jadi gini.


Percobaan pertama, kedua, dan ketiga.

Hasil anak-anak yang lain


dan yang lain

dan yang lain lain lain

Gak kerasa banget workshop dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Hehehehehe. Hasil foto-foto peserta workshop juga dipamerin loh di acara Sekatenan Buku Yogyakarta. 

Oiya, ini hasil foto selfie saya pake kamera lubang jarum. LOLOLOLOL.



2 comments:

  1. sekarang lagi ngetrend nih, tapi gara gara pos ini langsung tau itu kamera kayak apa :D

    ReplyDelete
  2. waaaa beli kertas negatif kalo di jogja dimana yaa?

    ReplyDelete

You said......