Dec 29, 2013

Blogging dan Hubungan Sesama Blogger

Hehe.
Baru sempat posting di akhir Desember. Semester tiga banyak kerjaan tapi yang ngehasilin duit dikit. Hehe. Banyak 'lonjakan' yang terjadi di semester tiga ini. Salah satunya, bertemu wajah-wajah baru. Biasanya saya suka males kenal kenalan orang-orang baru. Males jalan-jalan rame-rame. Tapi sejak semester tiga, mencoba untuk menambah pergaulan biar semakin gaul sehingga prestisius dan adiluhung. Hhe. Apaan.

Salah satunya ya melakukan kopdar, bukan kopdar bareng gondes yang ga sengaja ketemu di internet lho, melainkan kopdar komunitas, dan kebetulan salah satu komunitas saya ini komunitas blogger. Kita udah dua kali melaksanakan kopdar, tapi baru sempat aku posting sekarang dua-duanya. Baiklan. Saya males nulis-nulis, lebih baik langsung pamer foto saja.

Kopdar pertama kita tanggal 16 September, kedatangan tamu kehormatan, Dony dan om Yono. Kita gak main terlalu lama, cuma ngumpul di Taman Budaya Yogyakarta dan para cowok battle dance sama كيمسيلا (baca: kiimsyilun atau biasanya disebut kimcil) yang lagi latihan nari. Lalu makan-makan di Lesehan Sayidan. Saya baru kenal semuanya kecuali Ega sama Habibi. Saya masih canggung jadi kebanyakan diem dan mainin sugar glidernya Shakti. Dan itulah mengapa muka saya judes banget di foto ini. Surem.

itu paling kanan mukanya ngeselin
Respon founder:  Semacam "Kok logo di spanduknya pake logo lama?"

Setelah dirasa asik, kopdar ke 4 di tanggal 22 Desember, saya datang lagi. Kali ini gak judes dong xDDDDb kan udah kenal. Hehehe. Banyak teman-teman baru juga, dan ada yang beberapa baru aku lihat. Tapi kita cepet banget akrab. Ngumpul-ngumpul di pura pakualaman. Seru deh pokoknya. Meski main games rada garing karena kelamaan, tetep aja seru. Hehehehe. Ramai sekali. Ada Rizky sang ketua regional, ada Pipit, Beby, Syahida, Bintang, Ega, Habibi, Basith, Shakti, Deva, Anug, Shabrina, Anzilna, Juni, Annisa, Icha, Gilang dan lainnya (yang belum kesebut maap yaaa.. ya apalah memoriku hanya local disk c.  x")))) )

udah agak mendingan lah ya
Respon founder : 
spanduk lagi spanduk lagi. hhe.
inti dari kegiatan ini, kan, silaturahminya

Kopdar ke 4 ini kita juga bagi-bagi kaos, ( kebetulan saya belum mesen, duitnya baru kepake mesen kaos komunitas lain -_- hehehe. oke ini intern. ) Kaosnya lucu deh, warna turquoise xDD fresh banget nggak kayak mau kampanye caleg. Ahahah. Setelah kita semua kumpul, anak-anak mulai dibagiin nametag, tujuannya biar gak lupa. Soalnya anak-anaknya banyak bangeeet, jujur aja ini ngebantu banget, saya suka lupa nama orang. Hhe. Hhe. Kita juga bagi-bagi stiker!! Selain itu, banyak teman dari kota lain yang jauh-jauh menghadiri kopdar kami, ada yang dari Solo, Nganjuk juga ada. Bayangin, mereka rela jauh-jauh ke Jogja cuma buat ketemu anak-anak KK Jogja. Terharu kan ya. Ya.



Habis dari pura pakualaman, dirasa mendung, kite pindah ke Taman Budaya lagi. 
Kebetulan lagi ada pameran Biennale yang gak afdol kalo gak dibikin ajang foto-foto. (Pamerannya udah diposting di post sebelum ini). Saya sampe bosen soalnya udah tiga kali bolak-balik lihat pameran ini.


itu di kepala jambul apa apaan Dell kok mirip Jarjit Singh :(

Ya.
kece ya
Sorenya kita ngobrol-ngobrol sambil becanda di Lesehan Sayidan lagi. Dari ngobrol-ngobrol dan nonton film, sampai nyuruh Shakti godain cewek demi dibayar tujuh belas ribu dan segelas susu. Malamnya kami ke Sekatenan. Bahasa Englandnya carnival. Bahasa rakyatnya Pasar Malem. Lalu sepulangnya mengajak tamu kehormatan kami jalan-jalan beli oleh-oleh ke pabrik bakpia kemudian pulang ke rumah masing-masing.


Eh kok kopdar melulu sih? Gak bosen apa? Norak tau, udah gitu komennya pada rame banget kayak baru ketemu sodara yang lama ilang, gak abis-abis.
HAHAHAHA. Iya ya, jarak waktu kopdar kita singkat sekali. Ya gak apa-apa dong. Ya biarin aja dong. Ya namanya juga kopdar, ya pasti rame. Selama positif dan produktif, kenapa nggak. Toh gak mengganggu kerjaan masing-masing. Dan sebenernya pun, di luar acara kopdar resmi, kita masih sering main bareng, sekedar nongkrong sambil ngerjain PR masing-masing atau makan malem rame-rame. Tak disangka, anak-anaknya asik buat diajak creative sharing, secara, komunitas kita ini komunitas blogger kreatif.

Oh.
Ya mz.


Ngomong-ngomong kreatif, nih...
Katanya sih, iya. Blogger kreatif.
Tapi saya, sebagai orang yang cuma anggota (anggota lama loh, fyi aja nih buat anak baru. AHAHAHA) yang juga baru jadi anggota regional daerah Jogja (karena baru pindah ke Jogja) yang ternyata progres kerjanya cepet banget, saya ngerasa gerak-gerik dibatasi oleh pendiri. Jadi seperti segala hal harus menunggu dikte, atau istilah jaman dulunya imla. ((((imlaaa)))

Misalnya, kita berramai-ramai pengen bikin banyak projek. Tapi sering didecline sama pendiri atau diabaikan dan dipandang negatif. Padahal kita bikin apa-apa atas nama KK karena pengen ikut partisipasi majuin KK bareng-bareng, bukannya cuma join dan kenalan yang gak bikin kenal-kenal amat karena isi biodatanya justru nyeleneh atau dibikin jokes yang so last century jokes dan gak lucu lucu amat, sekaligus niat terselubung cuma tebar link blog di kolom komentar biar banyak yang visit dan komen "wah bagus ya bagus ya visit balik ya." tanpa baca isi blog. (Banyak kan yang kayak gitu? Ngaku deh. Saya sering merhatiin post loh.)

Tapi respon pendiri terkesan menghalangi 'energi kreatif' kami. Menurut saya, gak usah takut regional bakal kurang ajar atau jadi kacang lupa kulit. Selama pendiri respek sama seluruh anggota (baik anggota baru maupun lama, baik followers blognya banyak maupun dikit, baik sikapnya alay maupun keren karena selalu nurut), anggota pun selalu meninggikan pendiri dan gak akan ninggalin dan milih bergabung dengan orang baru atau komunitas baru yang lebih mengayomi anggotanya. Bukan sebagai komunitas yang mana pendiri yang mana anggota, melainkan sebagai 'orang tua' yang merangkul 'anak anaknya'. Dalam kata lain, lebih kasual dan bersifat kekeluargaan.

Oiya, satu lagi, kreatif itu anti plagiat. 
Iya. Iya banget. Dalam hal ini saya spesifikasikan ke dalam hal copy-paste blog. Siapapun pasti gak suka kan kalau blognya dicopy sembarangan dan dipajang di blog orang lain...? Iya, saya dulu waktu masih bocah labil, suka marah-marah sama orang yang plagiat blog saya. Serius. Sempat perang di dunia maya abis-abisan gak jelas banget. Saya tegur, dia ngeyel, saya marah-marahin, orang itu jadi benci juga akhirnya sama saya, yang lucunya lagi, nama blognya pun diganti menjadi ihatedellanaarievta.blogspot.com. Hahaha. Padahal yang dicopy itu ya apalah, gak berharga-berharga amat, hanya kesombongan saya yang bikin saya menganggap sesuatu yang dicopy dari saya itu sesuatu yang superkeren.

Saya juga sering lihat nih kasus copy-paste blog di grup KK. Entah pelakunya dari luar grup, maupun dari dalam grup. Tapi yang jelas, yang selalu saya lihat, respon founder selalu sama: menegur secara terbuka yang di kemudian waktu memancing komentar yang bersifat bullying dari sesama anggota yang cuma ikut-ikutan menghakimi . Sekali dua kali, okelah, untuk jadi teguran kedepannya bagi anggota lain yang nekat mengcopy tanpa izin blog orang lain. Tapi kalau terus-terusan? Isn't that way too much? Yang nonton juga bosen.

Saya pun pernah, 'ditegur' illustrator idola saya karena style gambar saya dulu terinfluence si artist ini. Terinfluence loh ya, maksudnya, karya yang saya buat jadi mirip kayak style menggambarnya, bukan plagiat bentuk artwork dia abis-abisan. Saya pun tag namanya sebagai 'inspirator'. Tapi yang saya dapat justru dia komen karya saya dengan pedas, lalu memblokir akun fasbuk saya. Hhe. Saya sempat down dan pengen berhenti menggambar saat itu. Serius. Sakit hati banget. Tapi untungnya teman artworker yang lebih ramah pun berdatangan menemani. Hhe.

Plagiat bukan hal aneh juga lah ya di negeri kita ini, karena saya diajarin HAKI pas kuliah doang, jaman saya SMP belum ada dan di jaman SMK pun hanya dibahas sekilas. Nggak tahu kalau kurikulum anak sekarang. Padahal sekarang, anak SD udah bisa ngeblog. Positifnya sih, baguslah, mereka jadi bisa mulai membentuk passion mereka (dalam hal ini, ngeblog) sejak dini, sudah bisa memilih apa hobinya. Ya siapa tahu kan, nanti pas kuliah mereka sudah bisa bikin social media terobosan baru yang ngalahin hebohnya fasbuk, tweter, dan instagram atau path.

Balik lagi ke soal plagiasi, kebanyakan yang plagiat artikel itu blogger baru yang pengen cepet eksis, pengen ngeblog tapi ga ada bahan, dan kebanyakan juga, mereka masih anak-anak. Masih jaman-jamannya ngebentuk minat. Kalau mereka melakukan plagiasi dan langsung disemprot pake 'semprotan pemadam kebakaran', kan kasihan. Sama seperti halnya saya yang ngedown saat dijudesin illustrator idola, bisa jadi mereka yang habis ditegur secara massal malah merasa takut, frustasi, dan gak pengen ngeblog lagi, atau bahkan gak berani buka browser lagi dan impian Indonesia punya social media baru pun gagal karena generasi sebelumnya terlalu 'galak'. :V

Kesal, pasti.
Mau marah, banget.
Sampai sekarang pun saya masih suka dongkol kalau ada yang 'niru' saya. Tapi toh, telan saja sendiri, untuk apa mengumbar rasa tidak suka kalau nggak ngasih solusi. Saran juga sih sebenarnya buat founder KK, dikurang-kuranginlah negur blak-blakan di depan publik, selain menebar kebencian/kesinisan/nyinyiran sesama blogger di dalam komunitas, untuk apa juga. Bikin jera sih bikin jera, tapi lebih bikin banyak orang yang tahu dan memusuhi daripada membantu membimbing si blogger tukang copy-paste ke jalan yang diridhoi selebtwat dan Allah SWT. Hhe.

Yabegitu aja deh ya semoga barokah.
Wah panjang juga ya.
Hhe.

25 comments:

  1. Dell, aku sakit perut, kepedesan.
    *senyum keji*

    ReplyDelete
  2. aku juga dari jogja looh, mbak :D Hehehe, pengen ikut kopdar tapi baru jadi perawancut kemaren :3 Salam kenal mbak :D

    ReplyDelete
  3. ke jalan yang diridhoi selebtwat dan Allah SWT.. hahahahaha sangat super sekali del :3
    nunggu orang jogja lain yang posting ginian ah :3

    ReplyDelete
  4. muahahaha, nutupin spanduk :)) sampe si rizky post photo "INNNI NIIIHHHH"
    super sekali mbak dela (o.o)b
    kopdar nya jogja emang gue perhatiin selalu seru, apalagi anak anak nya kreatif dan banyak inisiatif. harus segera disalurkannnn

    ReplyDelete
  5. Yes! Aku nggak ikut! Huhu.
    Btw aku juga nih, disindir2 gitu di blog gara2 bikin artwork, kasusnya sama kayak kamu gitu tpai ini yang negur justru orang lain, dia tiba2 dateng dengan komentar yang basi, padahal di artikel udah ditulis dengan jelas kalau saya terinspirasi dengan karya si (...) Pfft sabar haha. Salam dari jogja juga! :D

    ReplyDelete
  6. ulalala super sekali del postingannya. energi positifnya dikirim kebandung jugaa ~

    ReplyDelete
  7. Kopdaran kawancut nih.. Jogja..
    Keren kak..

    Salam kenal,.. saya mau nggabung juga ah dengan kancut keblenger.. tapi belum diapprov..
    Salam kenal, *salam hangat blogger kediri.
    www.makruf.com

    ReplyDelete
  8. Semoga nyonya besar baca. Ini. Tajam. Sekali. Banget. :D

    ReplyDelete
  9. Kok bisa gitu buoz? :p

    Yang penting Jogja selalu kompak dan solid. mengutip kata-kata Habibi yang entah ngutip dari siapa.. "Strong as team, solid as family". :D

    ReplyDelete
  10. setuju banget sama semua yang ditulis di postingan ini.. cuma yang bikin kesel si ilustrator idola ok malah bersikap gitu ya.. bukannya bangga bisa jadi tokoh yg inspiring..

    ReplyDelete
  11. ah postingan della yang panjang dan seru, sial gue merasa kudet banget ini -_-

    ReplyDelete
  12. ah postingan della yang panjang dan seru. Asli ini gue merasa kudet banget deh -_-

    ReplyDelete
  13. halooo .
    kalau kopdar regional jogja kapan lagi ya ? saya newebie dan pendatang baru di joga . dan saya pengen ikut kopdar KK regional jogja . barangkali saya bisa belajar dari suhusuhu dijogja :)) Blog Saya : http://tampanable.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. ihatedellanaarievta.blogspot.com *nari tor tor*

    ReplyDelete
  15. ihatedellanaarievta.blogspot.com *nari tor tor* eh tapi kok udah gak ada sekarang :'(

    ReplyDelete

You said......